Jumat, 12 Februari 2010

Obama Kunjungi Candi Borobudur



Yogyakarta - Saat berkunjung ke Indonesia Maret 2010 nanti, Presiden AS Barack Obama juga akan menyempatkan berkunjung ke Yogyakarta dan Magelang. Obama akan mengunjungi Borobudur dan kawasan kampus UGM.

Sebagai langkah persiapan, Jumat (5/2/2010), tim pengamanan dan protokoler Gedung Putih meninjau kesiapan dan survei kelayakan di wilayah Yogyakarta dan Magelang. Rencananya Obama beserta keluarganya akan mengunjungi Yogyakarta setelah mengunjungi Jakarta pada bulan Maret 2010. Kota Yogyakarta terutama di kawasan kompleks perumahan dosen UGM merupakan tempat yang tidak asing bagi Obama semasa kecil, selain di SDN Menteng 01 Jakarta Pusat.

Rombongan protokoler dan pengamanan Gedung Putih, serta staf Kedubes AS tiba di Base Ops Lanud Adisutjipto Yogyakarta sekitar pukul 11.30 menggunakan pesawat Boeing 737-400. Tim pre advance melakukan survei kelayakan termasuk kesiapan mengenai pelayanan kesehatan di sekitar lokasi selama lebih kurang 15 menit.

Dari Adisutjipto rombongan dikawal oleh aparat kepolisian menuju Candi Borobudur, di Magelang. Rombongan dari AS menggunakan satu buah bus dan 8 buah mobil. Dari Borobudur, rombongan kemudian mengunjungi kampus UGM di Bulaksumur.

Di UGM, rombongan juga meninjau mengenai kelayakan semua tempat yang bakal dikunjungi Obama. Rombongan melakukan kunjungan terakhir di Balai Yasa milik PT Kereta Api di Pengok, Gondokusuman, Yogyakarta. Di tempat itu Obama akan meninjau fasilitas perbengkelan dan perawatan kereta api. Sebab PT KA Indonesia akan mendatangan sekitar 160 lokomotif dari General Electric (GE) dan General Motor (GM) Amerika Serikat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar